tulisan berjalan

NFS UNDERGROUND 2

images

Sabtu, 29 Maret 2014

Review 7554: Menjajal Game FPS Komersial Buatan Vietnam!

Review 7554: Menjajal Game FPS Komersial Buatan Vietnam!

By Daffa ibrahim
  march 7, 2014   ·  

Vietnam, negara berpenduduk kurang lebih 91 juta jiwa ini memang dikenal sebagai satu dari sedikit negara sosialis yang masih bertahan di muka bumi. Namun sebagian besar dunia justru mengenal negara agrikultur ini dari sejarah kelamnya yang penuh dengan kematian dan kehancuran. Benar sekali, Vietnam merupakan salah satu medan pertempuran paling terkenal di tahun 1960-an, sebuah ajang perang proxy antara dua kekuatan ideologi terbesar di dunia. Namun mungkin hanya sedikit yang tahu bahwa perjuangan Vietnam untuk mendirikan sebuah negara yang sebenarnya sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 1940-an. Inilah yang berusaha divisualisasikan oleh game bertajuk 7554 ini?
Apa yang membuat 7554 ini begitu spesial? Bukankah sudah cukup banyak game dan film yang menjadikan Vietnam sebagai setting dan medan pertempuran utama? Percaya atau tidak, 7554 merupakan proyek game komersial pertama yang berhasil dihadirkan oleh para pelaku kreatif dari Vietnam sendiri. Sebuah perusahaan developer lokal – EMOBI GAMES menciptakan sebuah game FPS yang untuk pertama kalinya, menghadirkan perang Vietnam dari sudut pandang orang Vietnam sendiri. Ini tentu saja berbeda dengan karya serupa yang sebagian besar hadir lewat sudut pandang dan narasi para tentara sekutu. 7554 merupakan sebuah game FPS yang dibangun dengan menggunakan engine Vision Engine 8 dari Havok dan fitur PhysX dari Nvidia. Seberapa baik teknologi-teknologi ini dimaksimalkan? Review ini akan mengupasnya untuk Anda.
Lantas bagaimana dengan performa keseluruhan dari game komersial pertama yang dikembangkan oleh Vietnam ini? Mampukah ia menghadirkan sebuah kualitas yang setidaknya mendekati game-game bergenre serupa yang dikembangkan oleh para developer Barat?

Plot

Apa itu 7554? Sebagian besar dari Anda tentu akan langsung menuju para pertanyaan utama yang satu ini. 7554 sebenarnya merupakan sebuah angka yang merepresentasikan tanggal 7-5-54 atau 7 Mei 1954, hari yang sangat bersejarah bagi warga Vietnam – hari dimana tentara penguasa – Perancis di daerah Dien Bien Phu harus menyerah kalah pada semangat tentara rakyat Vietnam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berbeda dengan para developer Barat yang mungkin akan memosisikan Anda sebagai tentara Perancis, 7554 menawarkan kesempatan – untuk pertama kalinya – berperan dari kacamata seorang tentara Vietnam bernama Binh.
7554 mengisahkan tentang keberhasilan tentara Vietnam mengalahkan tentara Perancis di Dien Bien Phu
Anda akan berperan sebagai Binh, seorang tentara Vietnam yang harus meninggalkan anak dan istrinya demi tugas negara. Bersama dengan tiga temannya yang lain: Vinh, An, dan Ha, mereka berjuang di garis terdepan.
Anda tentu saja tidak akan berjuang sendiri untuk melawan para tentara Perancis dengan senjata yang lebih lengkap dan canggih ini. Anda akan ditemani oleh 3 tentara lainnya yang boleh terbilang tak ubahnya sahabat dekat Anda – An, Vinh, dan Ha dengan kemampuan spesialisasinya masing-masing. Setiap misi akan membawa Anda menyusuri hutan dan kota di sudut Vietnam yang mulai memperlihatkan efek buruk dari perang: kehancuran total. Ada ratusan pasukan yang harus Anda taklukkan, sekaligus memastikan diri tidak menjadi korban di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

counterflag

Flag Counter

TV

    Warung Bebas TV Streaming

    Comment